Umroh

ibadah umroh rahmat

Kebijakan Saudi Arabia Stop Masuknya Jamaah Umroh Berdampak Pada Aktifitas Perusahaan Travel

UMROH INFO – Kebijakan Kerajaan Saudi Arabia (KSA) menghentian sementara Jama’ah Umroh 2020 berdampak terhadap beberapa penyedia jasa perjalanan Umrah.

RAHMAT TOUR & TRAVEL  melalui stafnya, Budi mengatakan, kebijakan KSA yang menghentikan sementara masuknya Jama’ah Umroh sangat berdampak kepada kondisi perusahaanya.

” Berdampak banget, jadi yang jelas tim yang di Saudi banyak yang gak ada pekejaan dan yang di sini juga karena kita selain melayani Umrah kita juga menjual visanya kita salah satu yang ditugaskan untuk mengcover travel-travel umrah yang belum mempunyai sistem visa.

“Karena kita sebagai perwakilan provider untuk memgeluarkan visa umrah, kita juga tergantung dari Saudi, sampai sekarang belum ada jawaban.” kata Budi

Kendati KSA masih belum menerima jamaah Umroh 2020, namun pihaknya masih membuka pelayanan pendaftaran bagi masyarakat yang mau melaksanakan ibadah Umrah.

Lanjut dia, bagi jamaah yang sudah mendaftarkan diri agar menunggu kepastian dari Dirjen Haji Umroh dan KSA.

Untuk jamaah yang khususnya berangkat tangal 3 Maret, sedang proses refund tiket, visa dan akomodasi selama di Saudia. Jika sudah keluar semua akan dikembalikan utuh, apa bila jamaah membatalkannya.

Sementara itu Kepala Seksie (Kasie) Penyelenggara Haji dan Umroh ( PHU) Kantor Wilayah Kemeneterian Agama (Kemenag) Kota Bekasi Sri Siagawati mengatakan jamaah di Kota Bekasi untuk sementara ini tidak dapat melaksanakan umrah, menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan ibadah umrah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Umroh Kemenag Kota Bekasi Sri Siagawati ketika ditemui Senin, (2/3/2020).

“Dampaknya pasti ada, karena ada penundaan jadwal keberangkatan, tetapi sejauh ini penundaan pemberangkatan itu tidak pengaruh pada jemaah umrah karena itu tanggungjawab pemerintah,” katanya.

Ia menegaskan, yang menghentikan sementara pemberangkatan itu bukan dari pemerintah Indonesia melainkan adanya kebijakan dari kerajaan Arab Saudi.

“Jadi pasti jemaah terkena imbasnya karena mereka takut uangnya tidak dikembalikan atau pengurangan. Tapi Insyaallah, itu tanggungjawab pemerintah Arab Saudi sebetulnya baik maskapai maupun biaya lainnya yang sudah dibayarkan ,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah Indonesia hanya mengikuti aturan atau kebijakan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi.

“Sebetulnya ambil hikmahnya karena ini penyakit. Penyakit (corona) ini kan imbasnya besar sekali. Kalau misalkan itu dipaksakan otomatis banyak yang dirugikan,”kata Sri.

Menurut Sri, pemerintah Arab saudi sudah sangat bijak untuk menghambat penyebaran virus corona asal wulhan China tersebut untuk tidak masuk ke Indonesia,

“Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena mengobati belum tentu bisa langsung lekas sembuh,”ucapnya.

 

Ketahui Travel Umroh Jakarta : Klik disini

 

Lanjutnya, penundaan keberangkatan ini juga berimbas terhadap pihak travel dimana jadwal pemberangkatan jemaah umrah yang telah mereka tetapkan otomatis akan tertunda dan jadwalnya pun akan berubah. Meski begitu terang dia, sampai saat ini mereka masih mematuhi apa yang menjadi kebijakan pemerintah baik Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia.

Namun diakui Sri, untuk jumlah pemberangkatan jemaah umroh 2020 di Kota Bekasi belum mengetahui persis berapa jumlahnya lantaran jemaah umrah itu berbeda dengan jemaah haji.

“Jadi kita enggak bisa untuk memprediksinya, “ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk saat ini belum ada yang melaporkan ke pihaknya terkait keterlambatan pemberangkatan jamaah umrah tersebut.

“Tidak ada yang melaporkan ke kita soal keterlambatan itu. Yang jelas, belum lama ini, dari Kota Bekasi sudah ada yang memberangkatkan sampai 300 orang. Tinggal menunggu kepulangannya. Mudah mudahan pulang dari sana, semuanya aman,” harapnya.

“Tapi untuk yang berangkat kebanyakan untuk Kota Bekasi itu tanggal 11 Maret ini, jadi engga ada imbasnya karena mudah mudahan sesuai edaran yang dibuat itu tanggal 14 Maret dibuka lagi,” katanya.

Ia berharap kepada jemaah untuk tetap mematuhi kebijakan pemerintah serta mengikuti aturan apa yang sudah dibuat pemerintah jangan sampai niatnya untuk membatalkan umrah.


Pencarian Terkait : Informasi Umrah, Visa Umrah di Hapus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>